Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Bakso Mama 1 Jombang

Authors

  • Echa Febri Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Tri Sudarwanto Universitas Hasyim Asy'ari Tebu Ireng, Jombang
  • Rohmad Prio Santoso Universitas Hasyim Asy'ari Tebu Ireng, Jombang

DOI:

https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v10i2.100

Keywords:

Service quality, Price, Customer satisfaction

Abstract

Bakso MAMA 1 jombang adalah suatu usaha rumah makan yang sudah sangat terkenal dan berkembang cukup pesat, bisnis makanan yang berdiri sejak tahun 1982 ini hingga sekarang sudah memiliki 6  outlet anak cabang di berbagai kota di jawa timur. Hasil observasi dan wawancara tersebut peneliti tertarik untuk mengupas kualitas pelayanan dan harga  yang digunakan bakso mama yang hampir 4 dekade ini tetap bisa mempertahankan usahanya, bahkan sekarang ini sudah bisa memiliki outlet cabang sebanyak 6 cabang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di bakso Mama 1 jombang, 2) pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan di bakso Mama 1 jombang, 3) pengaruh kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan di bakso Mama 1  jombang.

Penelitian ini menggunakan 2 jenis data yaitu data primer dan sekunder, metode penelitian melibatkan 2 variabel: variabel (kepuasan pelanggan) independen, dan  variabel dependen (kualitas pelayanan dan harga). Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif verifikatif yaitu menggambarkan suatu benar tidaknya fakta-fakta yang ada dan serta menjelaskan hubungan antar variabel dengan pendekatan kuantitatif, sampel yang diambil sebesar 75 pelanggan.

Berdasarkan hasil penelitian variabel kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan, yaitu sebesar 86%. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan Fhitung >Ftabel dan nilai signifikan pada uji hipotesis sebesar (0,000<0,05). variabel kualitas pelayanan dan harga mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya koefisien regresi kualitas pelayanan sebesar 0,483 atau 48,3% dan harga sebesar 0,384 atau 38,4% serta nilai signifikan kualitas pelayanan sebesar 0,000 (0,000<0,05) dan harga sebesar 0,000 (0,000<0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Echa Febri, Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Fakultas Ekonomi, Universitas Hasyim Asy’ari, Tebuireng, Jombang, Jawa Timur

Tri Sudarwanto, Universitas Hasyim Asy'ari Tebu Ireng, Jombang

Fakultas Ekonomi, Universitas Hasyim Asy’ari, Tebuireng, Jombang, Jawa Timur

Rohmad Prio Santoso, Universitas Hasyim Asy'ari Tebu Ireng, Jombang

Fakultas Ekonomi, Universitas Hasyim Asy’ari, Tebuireng, Jombang, Jawa Timur

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Daefid. 2017. Pengaruh Experiental Marketin Terhadap Loyalitas Konsumen dan Dimediasi oleh Kepuasan Konsumen pada JOS CAFÉ Jombang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STIE PGRI DEWANTARA Jombang.

Ghozali, Imam. 2016. Apilkasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang:Undip.

Handoko Bagus.2016. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Titipan Kilat JNE Medan.Prodi Manajemen STIE Harapan Medan.Vol.17 (01).

Haryanto. Resty Avita. 2013. Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran MC DONALD’S Manado. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulagi Manado.

Hidayat Dedi. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Pengungjung di Gembira Loka.

Hosang Natasha dkk (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Siloam Manado). Universitas Sam Ratulangi. Vol.16 (1).

Kotler. Philip Dan Kevin Lane Keller. 2011. MANAJEMEN PEMASARAN. Jakarta:Indeks.

Maulana Syarif Ade. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI. Universitas Esa Unggul Jakarta. Vol.7 (02).

Muzayanah Indriani Vivi. 2017. Penagaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Kauman Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Vol.6 (12).

Normasari.Selvy dkk. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan. Fakultas Ilmu administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Panjaitan. Efendi Januar. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Administrasi dan Bisnis Universitas Telkom.

Prasetio Ari. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Universitas Negeri Semarang.

Priansa Donni Junni. 2017. Prilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer. Bandung:Alfabeta.

Prihandoyo, C. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Cabang Balikpapan. Jurnal GeoEkonomi, 10(1), 116-129. Retrieved from https://fem.uniba-bpn.ac.id/jurnal/index.php/geoekonomi/article/view/59

Ransulangi Silvia dkk. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Rumah Makan Ocean 27 Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol.3 (03).

Rifai. Muhamad. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Ayam Geprek Spesial Sambal Korek Cabang Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Vol.01 (03).

Safrizal.2015. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Ayam Penyet Pak Ulis di Kota Langsa. Universitas Samudra. Vol.4 (01).

Situmeang. Sari Lina. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Istana Hot Plate Medan. Univeritas Islam Negeri Sumetera Utara.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta Bandung.

Tjiptono. Fandy. 2014. Pemasaran Jas Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Wahab. Wirdayani. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pengadaian Syariah di Kota Pekanbaru. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahaputra Riau.

Wijayanto. Kusuma. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah BANK. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Yuliati. Ai lili. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Administrasi dan Bisnis Universitas Telkom.

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

Febri, E., Sudarwanto, T., & Prio Santoso, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Bakso Mama 1 Jombang. Jurnal GeoEkonomi, 10(2), 164–180. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v10i2.100

Issue

Section

Articles